Jumat, 22 Juli 2016

Terapi Pengobatan Infeksi Saluran Empedu

Terapi Pengobatan Infeksi Saluran Empedu
Terapi Pengobatan Infeksi Saluran Empedu
Infeksi Saluran Empedu adalah infeksi atau radang yang terjadi pada saluran empedu. Pada banyak kasus yang terjadi, infeksi saluran empedu tidak menunjukkan gejala pada tahap awal terjadinya infeksi sampai munculnya radang pada dinding saluran empedu. Infeksi saluran empedu yang lebih parah dapat memunculkan gejala nyeri yang amat sangat di perut sebelah kanan atas. Nyeri dapat muncul terus menerus maupun secara tiba-tiba. Pemeriksaan medis seperti endoskopi serta USG dapat dilakukan guna memastikan diagnosa, apakah infeksi saluran empedu, infeksi kandung empedu atau liver.

Penyebab infeksi saluran empedu yang umum terjadi adalah karena bakteri dan munculnya batu empedu. Proses terjadinya infeksi karena bakteri adalah ketika bakteri masuk ke saluran empedu dan kandung empedu melalui usus dua belas jari. Adanya infeksi bakteri ini menyebabkan terjadinya perubahan struktur pada bilirubin di kandung empedu, sehingga membuat bilirubin mengikat sejumlah mineral seperti kalsium dan unsur lemak sehingga terbentuk batu empedu/batu pigmen. Batu empedu yang muncul bisa bermacam-macam bentuknya, bisa kecil seperti biji kacang atau besar seperti kelereng. Batu empedu yang ada dapat bergerak di dalam kandung empedu dan dapat pula menyumbat pada saluran empedu yang menyebabkan radang/infeksi apabila tidak segera diluruhkan.

Batu empedu penyebab infeksi dapat pula timbul dengan proses lain, yaitu karena tingginya konsentrasi kolesterol pada sistem pembentukan cairan empedu sehingga mengakibatkan partikel kolesterol saling menempel dan lama kelamaan membesar dan mengeras membentuk batu. Batu empedu akibat pengerasan partikel kolesterol ini cenderung lebih mudah dihancurkan dengan cara mengencerkannya. Penyebab lain pembentukan batu karena kolesterol adalah karena menurunnya fungsi kerja kandung empedu.

Terjadinya penyumbatan dan infeksi ini menyebabkan penderitanya mengalami nyeri perut yang amat sangat, sehingga perlu segera dilakukan pengobatan guna mengurangi rasa sakit, serta efek yang ditimbulkannya seperti komplikasi dan infeksi yang lebih parah dan membahayakan jiwa penderitanya.

Pengobatan Medis Infeksi Saluran Empedu Adalah Operasi Pengangkatan Kandung Empedu


Kolesistektomi Laparoskopik
Operasi Kolesistektomi Laparoskopik
Sudah benar apabila Anda ada keluhan penyakit untuk memeriksakan diri ke pihak medis guna mendapatkan diagnosis dan penanganan yang cepat, seperti pada kasus infeksi saluran empedu. Apabila hasil pemeriksaan Anda didiagnosa mengalami infeksi saluran empedu yang parah, maka tindakan medis yang disarankan untuk segera dijalankan adalah operasi lubang kunci, atau istilah medisnya kolesistektomi laparoskopik, yaitu pengangkatan organ kandung empedu dengan metode yang sederhana dan rendah risiko. Tujuannya tidak lain adalah agar rasa sakit segera hilang dan masalah selesai.

Jalan pintas seperti ini sering diambil oleh mereka yang belum mengerti akan pentingnya fungsi kandung empedu. Fungsi kandung empedu adalah penampung cairan empedu yang digunakan sebagai pencerna lemak dari makanan yang dikonsumsi. Dan ketika kandung empedu diangkat, risiko yang paling berat ada pada organ liver, yang tidak akan sempurna dalam prosesnya mencerna lemak dari makanan, karena tidak adanya wadah penampung cairan empedu.

Meskipun setelah menjalani operasi pengangkatan kandung empedu seseorang masih dapat hidup normal dan beraktivitas seperti biasa, namun ada beberapa masalah pencernaan yang tidak normal, seperti lemak yang tidak tercerna dengan baik, dan juga menyebabkan BAB menjadi berlemak. Sebaiknya Anda berpikir lebih matang lagi sebelum menjalani operasi, karena masih ada cara lain yang lebih halus yang membuat kita lebih sehat tanpa kehilangan kandung empedu.

Terapi Pengobatan Infeksi Saluran Empedu Dengan Tiga Tahap Pengobatan

 

Detoksifikasi / Pembersihan Racun

Tahap pertama pengobatan infeksi saluran empedu adalah proses detoksifikasi di bagian pencernaan, pembuluh darah dan kulit, terutama di bagian kandung empedu dan saluran empedu yang terjadi infeksi.

Penyeimbang / Pemberian Nutrisi

Tujuannya adalah memberi nutrisi untuk meluruhkan batu empedu penyebab infeksi saluran empedu. Dalam proses ini sekaligus mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan radang yang terjadi pada dinding saluran empedu.

Penguatan Fungsi Organ

Setelah proses pembersihan racun dan batu empedu penyebab infeksi selesai, maka tahap penguatan fungsi organ perlu dilakukan guna mencegah infeksi muncul kembali di kemudian hari.

Konsultasi Terapi Penyakit Infeksi Empedu
Muhajir
BBM : D0F06554
HP : 0812 299 3629 / 0857 4743 8001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar